4 Tips Menciptakan Struktur Website yang SEO Friendly

Hidup di era digital seperti sekarang memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar dengan lebih mudah melalui situs web di internet. Namun agar proses tersebut dapat berjalan lancar, penting untuk menerapkan tips SEO friendly yang tepat. Berikut simak cara menciptakan struktur website yang SEO friendly agar dapat membantu anda menjangkau target bisnis.

Menciptakan Struktur Situs Web yang SEO Friendly

1. Membuat Rencana

Konten adalah hal yang penting dalam sebuah website, dimana konten ini juga termasuk salah satu cara optimasi SEO yang dapat membantu anda menarik lebih banyak pengunjung. Jadi pertama tama buatlah rencana terkait dengan ide konten yang ingin anda masukkan ke dalam website. Baru kemudian kelompokkan semua konten tersebut dalam kategori kategori.

Susun semua konten yang sudah dikelompokkan menjadi susunan yang saling berhubungan agar lebih mudah. Misalnya anda bisa menggunakan struktur yang berbentuk hirarki, tuliskan dalam bentuk piramida sebelum mengeksekusinya. Sebagai contoh hirarki paling atas adalah Homepage, kemudian ada kategori, sub kategori, lalu page.

baca juga : cara daftar google partner

2. Buat Navigasi yang Jelas

Kemudahan navigasi merupakan salah satu tips SEO friendly yang wajib diterapkan pada website. Karena navigasi situs yang sulit dan membuat pengunjung tidak nyaman tentunya cenderung lebih mudah ditinggalkan. Dan untuk memiliki homepage dengan struktur yang baik, maka membuat navigasi yang jelas ini merupakan hal wajib.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis navigasi yang dapat ditambahkan pada website yakni menu dan juga breadcrumbs. Dimana menu merupakan elemen navigasi utama yang diletakkan pada bagian atas homepage. Sementara breadcrumbs merupakan navigasi tambahan yang berbentuk teks dan berisi link. Biasanya breadcrumbs ada di atas judul halaman untuk membantu pengunjung mengetahui posisi.

3. Gunakan Internal Link

Internal link merupakan link yang dapat menghubungkan konten konten yang ada di dalam situs web anda. Tentunya internal link tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena dua halaman yang terhubung wajib mempunyai topik yang berkesinambungan antara satu sama lain.

Internal link sendiri penting untuk menciptakan struktur website yang baik. Mengingat bahwa struktur website secara keseluruhan memiliki kaitan erat dengan kategorisasi konten. Maka dari itu, sebaiknya anda mulai belajar cara menggunakan internal link dengan tepat. Dimana internal link untuk blog dan online shop sendiri biasanya akan sedikit berbeda.

4. Gunakan Taksonomi

Dalam tips SEO untuk menciptakan struktur website yang friendly, maka anda perlu menggunakan taksonomi. Sistem taksonomi ini dipakai untuk mengelompokkan konten berdasarkan tag atau kategori. Hal ini akan membantu visitors jauh lebih mudah untuk mencari artikel lainnya yang masih mempunyai topik berkaitan.

Website yang SEO friendly akan membantu anda menjangkau target pasar lebih luas dengan mudah dan cepat. Sayangnya tidak semua orang dapat menerapkannya dengan tepat. Oleh karena itu, menggunakan jasa seperti jasa SEO jakarta WEBARQ yang sudah berpengalaman tentu menjadi pilihan bijak apabila ditujukan untuk kebutuhan bisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s