Mengenal Lebih Dekat Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass merupakan salah satu kegiatan medis yang dilakukan jika terjadi permasalah pada organ jantung. Kegiatan medis ini sudah banyak dilakukan kepada masyarakat yang tengah mengalami jantung koroner. Namun bagi beberapa orang juga da aang belum paham dengan operasi ini. berikut penjelasan singkat mengenai operasi Coronary Artery Bypass Graft atau CABG untuk anda.

Apa itu operasi Coronary Artery Bypass Graft

CABG adalah operasi jantung yang dilakukan oleh dokter yang sudah ahli di bidangnya. Biasanya operasi ini dilakukan untuk membuat saluran baru menuju ke arteri yang tengah mengalami pembekuan atau penyumbatan. Saluran tersebut adalah sebuah cangkok dari pembuluh vena sehat yang berasal dari tubuh lainnya.

Operasi yang dilakukan dengan bantuan alat yang canggih ini dikhususkan bagi pasien yang telah terserang penyakit jantung koroner. Dimana dalam saluran pembuluh darah akan terjadi penumpukan plak. Jika hal tersebut dibiarkan, maka lama-kelamaan tumpukan tersebut akan mengeras dan akan membuat pecahnya pembuluh arteri serta membentuk berbagai gumpalan darah.

Dengan adanya kondisi seperti itu, maka operasi bypass bisa menjadi solusi. Sebab akan mengakibatkan kondisi otak kekurangan oksigen, yang pada akhirnya bisa membuat fungsinya menjadi terhenti. Bila hal itu terjadi, maka akan berdampak pada memicu serangan jantung atau bahasa medisnya adalah infark miokard. Dan jika hal ini tidak diatasi, akan membuat kematian mendadak.

baca juga : Fasilitas RS Jantung Heartology

Umumnya operasi CABG ini bukan menjadi pilihan pertama bagi dokter untuk mengatasi jantung koroner. Pasal operasi Coronary Artery Bypass Graft memiliki resiko yang tinggi serta bisa membahayakan pasien. Biasanya jika kondisi pasien tidak mengkhawatirkan, maka umumnya dokter akan menyarankan untuk merubah gaya hidup serta meminum obat jantung koroner sesuai dosis.

Siapa yang perlu untuk Menjalani Operasi Coronary Artery Bypass Graft?

Individu yang disarankan untuk melakukan operasi CABG ini adalah orang yang mengalami penyempitan dan penyumbatan lebih dari satu pembuluh darah di area jantung. Sehingga di bagian bilik jantung sebelah kiri yang mempunyai fungsi mempompa darah ke sulur tubuh tidak bisa berfungsi secara normal dan maksimal.

Tidak hanya itu, bagi orang yang bagian pembuluh arteri koroner utama sebelah kiri mengalami penyumbatan darah juga disarankan untuk melakukan operasi bypass. Karena hal tersebut jika dibiarkan akan berakibat pada pasokan darah ke sebelah bilik jantung yang kiri akan terhambat. Bagi anda yang mengalami nyeri dada parah juga disarankan untuk melakukan CABG oleh dokter.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa CABG adalah sebuah operasi dilakukan untuk membuat saluran baru menuju arteri bagian tengah yang  mengalami pembekuan atau penyumbatan. Untuk melakukan operasi ini tidak dilakukan ke sembarang orang. Umumnya hanya individu yang mengalami jantung koroner dan nyeri dada parah yang bisa melakukan CABG ini.

sumber :

https://heartology.id/operasi-bypass-jantung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s